Sabtu, 21 Juni 2014

Tulisan 1 Bulan 4

Sumber :
sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4

  
Definisi Sistem Informasi
Suatu informasi sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari2, bahkan menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan adanya. Oleh karena itu banyak orang2 pintar yang coba mencari suatu data, mengumpulkan, memproses, dan menyajikan informasi yang mungkin akan banyak orang yang membutuhkannya. Contoh : siaran berita, acara2 TV, dll. Dan proses penyajiannyapun semakin maju seiring perkembangan jaman, dan sudah hampIr semua proses penyajiannya telah terkomputerisasi. Dan proses tersebut sebagai suatu Sistem Informasi. SI adalah suatu kumpulan komponen yang saling terkait dan terintegrasi dalam proses pengolahan suatu data baik mulai dari input-proses-output/informasi melalui proses komputerisasi. 

Definisi Teknologi
Teknologi adalah suatu benda atau objek yang diciptakkan oleh manusia yang bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Teknologi yang diciptakkan oleh manusia pada mulanya hanya sebuah alat-alat sederhana namun besar akan manfaatnya. Dengan inovatif nya manusia membuat teknologi sangat cepat berkembang.

Definisi Biaya 
Sistem biaya merupakan alat pengukur performance suatu perusahaan, pengukuran performance ini dilakukan secara periodikal dan terus-menerus. Sistem biaya telah dipergunakan oleh berbagai perusahaan sebagai pengukur performa secara periodic (Cooper dan Kaplan, 1991 –1). Untuk menyusun suatu Cost System diperlukan pengetahuan yang mendalam mengenai (Adikusumah, 1982) :      
  1. Struktur organisasi dari perusahaan yang bersangkutan. 
  2. Proses Produksinya.
  3. Tipe informasi biaya yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
Dimana tiap Cost System harus dapat : 
  1. Mengkalkulasi harga pokok dari produk. 
  2. Digunakan sebagai alat untuk menilai persediaan bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi. 
  3. Memberikan bantuan dalam mengotrol dan memimpin perusahaan. 
  4. Mengukur efisiensi pemakaian tenaga kerja, baha baku dan mesin. 
  5. Membantu menghilangkan dan mengurangkan pemborosan biaya. 
  6. Memberikan perbandingan dengan perusahaan sejenis. 
  7. Membantu dalam menetapkan harga jual produk yang dihasilkan. 
  8. Memberikan data-data untuk analisis.

Jadi, teknologi system informasi adalah suatu system yang diciptakan untuk memenuhi informasi bagi kebutuhan manusia, yang biasanya digunakan pada kegiatan perkantoran. Dalam pembuatan teknologi system informasi dibutuhkan biaya khusus yang dikeluarkan untuk kebutuhan pembuatan system serta pemeliharaan system.


Studi Kasus

Latar Belakang
PT. IWAN CAHAYA SENTOSA adalah salah satu produsen sekaligus distributor utama pakan ikan hias NUIKMACTdi Indonesia, yang bertujuan memberikan kontribusi bagi perkembangan ikan hias di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya. Dengan semakin meluasnya daerah pemasaran dan permintaan yang semakin bertambah, maka dibutuhkan Sistem Informasi yang dapat membantu/memperlancar proses penjualan mulai dari menerima order sampai menyiapkan faktur untuk pembeli/agen.

Estimasi Anggaran dan Analisis Keuangan
Untuk membangun Sistem Informasi berbasis komputer, pemilik PT. IWAN CAHAYA SENTOSA menganggarkan biaya sebesar Rp. 19,000,000,- (hanya untuk Sistem Informasi) yang pengerjaannya dilakukan oleh “Pengembang Software” sebagai “out-sourcing” (tenaga lepas)  sedangkan pembayaran personil dari Pengembang Software diserahkan sepenuhnya kepada Manajer Proyek. Sedangkan estimasi anggaran secara keseluruhan adalah Rp. 29,000,000,- dengan rincian sebagai berikut :





Estimasi Jadwal
Proyek pengembangan Sistem Informasi berbasis komputer yang direncanakan selama 4 bulan ditambah 2 bulan waktu pemeliharaan sistem. Jika pada saat proyek sedang berjalan terdapat perubahan/penambahan modul maka akan dimasukkan kedalam proyek baru (proposal baru) dan dikerjakan setelah proyek awal selesai dikerjakan dan diimplementasikan. Berikut Estimasi Jadwal secara garis besar :

  1. Persiapan Projek : 1 Minggu
  2. Analisa Data dan Proses : 2 Minggu 
  3. Peracangan (Data, Proses, Interface dll) : 2 Minggu 
  4. Mempresentasikan hasil rancangan (berikut perubahan) : 1 Minggu 
  5. Programming dan Testing : 8 Minggu 
  6. Implementasi : 2 Minggu 
  7. Pemeliharaan : 8 Minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar